What Is Ikhlas?

5 Apr

Banyak orang sering bicara ikhlas. Namun saat ditanya artinya, satu sama lain kadang tidak saling bersambungan. Secara religi memang Ikhlas memiliki arti yang dalam. Dia adalah kata yang menyimbolkan penyerahan diri seluruhnya kepada sang pencipta dan mengandung banyak makna lain selain itu.

Dari Bukunya Erbe Sentanu, Quantum Ikhlas, saya pahami bahwa, When we say ikhlas there are component inside that: termasuk di dalamnya syukur, sabar, fokus, tenang, dan bahagia. Ikhlas sepengetahuan saya sendiri selaras dengan kesadaran sebagai manusia dalam menjalani hidup = Life consciousness. Ikhlas adalah suatu keadaan dimana kita having the internal shift atas sudut pandang kita, sehingga kita sampai pada tahapan menjalani kehidupanitu dengan penuh kesadaran.

Iseng-iseng saya cari arti kata dan padanannya dalam bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Jerman. Kira-kira padanannya apa ya dalam bahasa tersebut?

#Ikhlas berasal dr kata khalasa yang artinya “to be pure”, berusaha untuk memurnikan, kembali ke keadaan asal. Padanan #Ikhlas dalam bahasa inggris antara lain: sincere devotion, loyal attachment, sincere affection, sincerity, frankness, candor.#Ikhlas dalam bahasa inggris sejajar dengan kata sifat: loyalty, faithfulness, fidelity, dan allegiance. Tapi saya sendiri lebih cenderung dengan definisi “purity”.

Dalam bahasa Jerman #Ikhlas bisa kita sebut “die Aufrichtigkeit” yang padanannya dalam bahasa indonesia adalah “kebenaran” atau “truth” dalam bahasa Inggris.

Jadi yaaa.. Tiap kata maknanya memang dibentuk oleh konteks dari kalimt itu sendiri. Karena menurut hemat saya, #Ikhlas susah ditemukan padanan maknanya dalam bhs asing. Beberapa teman yang menggunakan bahasa daerah jawa, mendefinisikan #ikhlas dengan “legowo” dan “neriman”. Dari saya pribadi, legowo alias berbesar hati adalah definisi yang pas untuk ikhlas dalam bahasa daerah Jawa.

Berikut adalah definisi #Ikhlas dari kitab bhagavad gita:
Hati orang yang telah mencapai hakikat kebenaran adalah penuh dengan ketenangan. Dan terhindar dari segala gelisah. Ia tidak dapat dipengaruhi oleh kesenangan dan kesedihan. Ia menemukan kebahagiaan itu dalam jiwanya dan bersama pikirannya tenggelam ke dalam hakikat kebenaran karena mengingat akan mencapai kekekalan Tuhan dan Nirwana.Ia adalah orang yang telah dibersihkan jiwanya dari segala ketidaksempurnaan,ia telah dapat menghancurkan segala rasa ragu, ia dapat mengontrol jiwa, dan akan mengalami ketentraman🙂

Jadi dapat saya simpulkan bahwa Ikhlas adalah usaha pemurnian diri sendiri secara terus menerus, sehingga kita mengalami kondisi jiwa yang tentram. Dimana cara pemurnian itu dengan menyadari dan menyerahkan segala kehidupan kita kepada Sang Pemberi Hidup. Karena kita sendiri berasal dariNYA, hidup untukNYA, dan akan kembali padaNYA.

Jakarta, 3 April 2011

4 Tanggapan to “What Is Ikhlas?”

  1. yusuf 16/11/2011 pada 2:48 pm #

    sebelumnya saya sangat berterima kasih atas penjelasannya, namun dari segi tulisan, kata ikhlas jika dibandingkan dengan kata khalasa (bahasa arab) mempunyai kemiripan bahkan bisa dibilang sama dengan kata al-ikhlas (yang berasal dari khalasa), ‘jangan-jangan’ kata ikhlas disini merupakan kata serapan bahasa asing (khususnya bahasa arab). namun ketika saya mencari makna kata al-ikhlas dari bahasa arab, saya setuju dengan anda, kok rasanya kurang pas yah dengan yang saya pahami selama ini, apakah ada pergeseran makna? atau makna dari kata al-ikhlas yang saya baca masih kurang detil untuk menjelaskan makna kata ini, hal itu menggelitik saya untuk mencari siapakah pencipta kata ini? dan lebih jauh lagi mengapa atau bagaimana dia menciptakan kata ini? ada kejadian apa sehingga kata ini tercipta? sengaja saya kemukakan, siapa tahu anda mau membantu mencarikan… sekali lagi terima kasih…

    • Devi R. Ayu 16/11/2011 pada 3:49 pm #

      Terimakasih kembali sudah membaca blog saya:)

      Saya sendiri tidak tahu asal kata ikhlas, harus ada penelitiannya memang, dalam ranah linguistik disebut morfologi. Mungkin beberapa pakar linguistik Indonesia berkenan membantu saya mencari bahasa asal kata Ikhlas dalam bahasa Indonesia tersebut. Seperti yang kita ketahui bahasa Indonesia umumnya adalah bahasa serapan dan sifatnya aglutinitif alias tempelan.

      Dari beberapa tulisan yang saya baca, ikhlas mengandung makna yang sangat dalam. Mungkin bisa dilongok di http://filsafat.kompasiana.com/2010/02/06/ikhlas/. Bahasa sendiri sifatnya manasuka, arbitrer, tidak sesuai definisinya. Kalau untuk tahu siapa pencipta pertama dari kalangan manusia itu biasanya sulit terdeteksi karena bahasa sendiri berubah sesuai perkembangan jaman.

  2. asruroh 25/04/2012 pada 11:42 pm #

    Pgn lbh ningkatin rasa ikhlas pd diri ini,kadang masih sulit&ada yg menghalangi.

    • Devi R. Ayu 26/04/2012 pada 9:10 am #

      kayanya diri sendiri ya penghalangnya🙂 Saya juga begitu.

Tinggalkan Balasan

