Day #21: Festival Pembaca Indonesia 2010

29 Des

6 Desember 2010

Hari ini adalah pestanya mereka yang suka membaca. Hari ini di arena pasar festival kuningan adalah harinya para pecinta buku, pecinta tulisan, dan tentunya pecinta Indonesia.

Hampir semua komunitas pecinta buku, penulis dan pembacanya yang berdomisili di Jakarta, baik itu yang berbasis web, e-book, ataupun kertas yang konvensional turut menyemarakkan gegap gempita hari ini. Aku pun melaju pasti ke tenda panitia FPI (bukan front pembela Islam lho ya ^_^).

Kusapa satu demi satu aktivis Goodreads Indonesia. Mereka-mereka inilah tim sukses dari penyelenggaraan festival pembaca Indonesia. Peluk sana – peluk sini, plus cupika-cupiki. Kalau tidak ada kegiatan kami memang jarang ketemu. Jadinya kangennnn….

Tenda book swap adalah tujuanku selanjutnya. Beberapa buku pun sudah kutenteng siap untuk ditukarkan. Dan ini juga stand favoritku, karena saat kita berkunjung ke stand ini, selalu ada kesempatan untuk dapat buku gratisss…. Ya tentunya harus dites dulu layakkah kita mendapatkan buku itu (hehehe ribet juga ya).

Benar juga, tak berapa lama kemudian aku bertemu dengan Nenangs, sang pembawa toa, dan tas yang penuh dengan buku-buku baru, yippiii…Dia bersedia menghadiahkan sebuah buku berjudul “people of sparks”, sekuel kedua dari “city of Ember” karangan Jeanne Duprau. Tentu saja si Oom Nenangs ini memintaku untuk menceritakan jilid pertama dari Novel Jeanne Duparu tersebut. Hehehe…itu mah…kecillll… Lolos ujian dong. Akhirnya buku “people of sparks” segeran berpindah ke dalam genggaman.

Hari ini pun dimeriahkan dengan peluncuran sego gowes. Nasi kuning dan nasi uduknya enak serta murah meriah. Dijajakan hanya dengan harga Rp.7.000 plus segelas air mineral. Yang paling unik dari makanan ini adalah cara dijajakannya, yakni dengan mengayuh sepeda.Jadi saat pagi menjelang, coba tengok ke kanan dan ke kiri, siapa tahu para penjual nasi dengan cara dikayuh ini melintas di sebelah kita🙂

Dan setelah icip sana-sini aku juga dikejutkan oleh kelebatan seorang teman dari komunitas jejak petualang. Yeup mbak Puji Lestari pelan-pelan menghampiri. Ternyata tidak cuma penulis yang suka buku, para petualang pun doyan membaca. Ini memang harinya kami, para pecinta komunitas ^_^

Acara jalan-jalan narsis plus nambah kenalan pun langsung dilanjutkan setelah berfoto narsis di dekat panggung bersama mbak puji, aku kembali mengunjungi stand yang ada satu demi satu. Diawali dengan mengobrak-abrik standnya mas Aldo Zirsov dan Jatam (Jaringan Advokasi Tambang). Wah tak aku duga si mas Aldo mempunyai koleksi buku-buku pertambangan yang cukup lengkap. Belum lagi tebelnya yang naudzubillah itu…yaiy ngeriii.. Akhirnya aku kenalin saja Jatam sama mas Aldo. Lumayan kan kalau mereka bisa berkolaborasi. Soalnya koleksi buku mas Aldo yang mencapai 10 ribu itu kerap kali dijadikan perpustakaan rujukan riset, baik itu mahasiswa ataupun jurnalis.

Stand menarik lainnya adalah evolitera, kiosbaca.com, kemudian.com, dan plotpoint, serta blogfarm. Evolitera adalah penerbit buku berbasis e-book. Buku-bukunya bisa dibaca via web dan didownload gratis. Untuk bisa menjadi member dan berburu buku gratis, segera kunjungi websitenya di http://www.evolitera.co.id. Surga dunia buku deh pokoknya🙂

Kemudian ada kiosbaca.com, kios maya ini adalah layanan untuk pinjam buku plus pake diantar pula, jadi kita ga perlu repot-repot datang ke perpustakaan. Gak ada alasan deh untuk bilang ga bisa baca buku karena kantong bolong. Dengan kiosbaca.com yang biaya jadi membernya cuma Rp.50.000/ thn, kita bisa baca buku sepuasnya.

Sedangkan bagi yang penasaran apa itu plotpoint, plotpoint adalah tempat dimana kita bisa belajar menulis secara berbayar. Tentor-tentornya adalah mereka yang sudah dikenal luas sebagai penulis yang handal. Bagi yang berminat, Alamat kantor plotpoint ada di daerah Cilandak. Sedangkan alamat websitenya http://www.tulissekarang.com

Nah buat yang suka nulis dan nge-blog, buruan deh gabung di kemudian.com serta forum blogfam. Kemudian.com adalah wadah bagi para penulis Indonesia. Sudah banyak buku yang diterbitkan oleh komunitas ini. Tak usah bingung bagaimana mengakhiri suatu cerita yang kita tulis, karena komunitas ini siap sedia membantu kita menyusun sebuah ending yang bagus dari cerita yang kita tuliskan.

Bagi yang penasaran dengan blogfam, ini adalah komunitas blog yang awalnya dimulai oleh kesenangan para ibu-ibu untuk menulis di waktu senggang mereka. Namun isinya juga bukan ibu-ibu saja, beragam orang ternyata rajin nge-blog dan bergabung dengan komunitas ini. Seabreg cerita tentang kehidupan dapat kita temukan disini. Tunggu apalagi, buruan kita ulik-ulik website mereka di forum.blogfam.com dan mulai menambah pengalaman ! ^_^

Demikianlah sekelumit cerita yang bisa saya bagi di acara Festival pembaca Indonesia. Jujur, lewat festival ini aku juga baru tahu begitu banyak komunitas yang bisa kita jadikan wadah untuk mengekspresikan diri. Dijamin, tidak akan pernah merasa kesepian di ibukota dengan segambrengnya teman serta kegiatan yang kita miliki.

Aku harap festival pembaca Indonesia ini bisa diadakan lagi tahun depan, dan tentuya setiap tahun. Hehehe habisnya seneng banget bisa ketemu para penggila buku lainnya. Plus, found that i’m not the only nerd in this world ^_^

2 Tanggapan to “Day #21: Festival Pembaca Indonesia 2010”

  1. Esa Wibo 07/02/2011 pada 8:35 pm #

    hiiiii,…… keren2 tulisannya ama desain blognya.

    • Devi R. Ayu 08/02/2011 pada 10:47 am #

      Terimakasihhhhhhhh ^_^ ….silahkan jalan-jalan di blog saya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: