Day #17: What’s Hot On Twitter?

2 Des

Makin banyaknya informasi yang bersliweran di media elektronik dan social media membuat otakku kebanjiran informasi. Maklum, kegiatanku sehari-hari berbasis internet, media cetak kecuali buku sudah jarang aku sentuh lagi. Makin cepatnya semua issue ditanggapi, makin heboh juga berita yang ditampilkan dan jadi trending topic di social media. Contohnya hari ini dan kemarin:

1. Wikileaks
Sebuah situs yang melansir sejumlah dokumen rahasia Amerika terhadap negara lain. Sang pendiri, Julian, sekarang sibuk menyelamatkan diri karena dikejar-kejar Interpol.

2. Pernyataan SBY yang bernuansa politik tentang sistem monarki di Yogyakarta. Akibatnya banyak warga Yogya yang marah dan menuntut referendum. Sebagian besar masyarakat berpendapat presiden SBY ibarat mencari-cari masalah di air tenang. Harusnya beliau sebagai presiden mengurusi hal lain yang lebih penting daripada mengusik ketentraman yang sudah ada di Yogya.

3. Lagi-lagi soal bencana.
Banjir lahar dingin di Yogya yang menghanyutkan 4 jembatan menuju Magelang. Dan juga status gunung Bromo yang masih awas meskipun aktivitas vulkaniknya mulai menurun. Indonesia memang supermarket bencana.

Yen tak pikir-pikir bencana yang ada itu karena pertambahan jumlah penduduk juga kok. Peristiwa gempa, gunung meletus, dan bergeraknya air menuju ke tempat yang lebih rendah sehingga menimbulkan banjir adalah peristiwa alami bukan. Namunn..karena daerah-daerah rawan gempa, kemudian daerah aliran lava gunung berapi, serta daerah bantaran kali telah beralih fungsi menjadi daerah hunian maka mau tidak mau saat peritiwa alamiah itu terjadi, orang-orang menganggapnya bencana. Terutama apabila kejadian-kejadian alam tersebut memakan korban jiwa maupun harta.

Solusinya apa dong? Ya menurutku solusinya adalah bersikap ramah terhadap lingkungan. Bangun tata kota dan kelola lingkungan yang imbang. Kalau tidak imbang yo bencana yang mengancam, toh yang jadi korban saat bencana itu datang manusia itu sendiri. Semakin lingkungan dirusak, semakin manusia menuai bencana.

4. Proyek pribadi menonton konser jazz di Erasmus Huis, Pusat Kebudayaan Belanda, yang akhirnya tidak jadi dikarenakan ketidak pastian apakah konser itu berbayar atau tidak. Meskipun tidak berbayar pun,biasanya tiketnya harus dipastikan terlebih dahulu. Pesan dulu, kadang-kadang tiketnya sudah habis pas hari H. Berhubung tidak pasti, yo wis sekalian ga jadi saja.

5. Ajang tanding bola Indonesia Vs Malaysia di gelora bung karno memperebutkan piala Asia. Salah seorang rekan yang berprofesi sebagai wartawan melaporkan via twitternya betapa absurd penampang spanduk-spanduk bola di sekitar gelora bung karno dikarenakan tidak memenuhi kaidah bahasa Indonesia EYD :))

Belum lagi hebohnya yel yel pembangkit gelora dan semangat yang kebanyakan berbunyi “Ayo Indonesiaaaaa!!”. Tapi tak sia-sia semua itu, Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 5-1 plus penampilan oke dari bintang-bintang bola Indonesia yang ganteng :)) Aduhhh gak jadi nonton konser jazz di Erasmus, aku malah teriak-teriak nonton bareng pertandingan bola di kedai Bakmi Jawa Anglo di Mampang :))

6. Topik terakhir ini sebenarnya gak ada di timeline twitterku sih, tapi pengen aku tulisin aja. Geregetan soalnya…

Baru ngeh kalau Justin Bieber sebeken itu setelah dia dapat 4 penghargaan di American Music Award. Plus heran betapa anak-anaknya temanku pada heboh bergoyang ala “oh beibeh beibeh” serta mengumpulkan pernak-pernik Bieber. Belum lagi tayangan beberapa televisi yang mengupas betapa kerennya si Bieber, lagunya pun sering jadi backsound liputan. Oh Dragonnn…

Tapi beken kan belum tentu keren lho ya. Menurutku Dira Sugandhi, Dewa Budjana, Mary J. Blige, jauhhhhhhh lebih keren daripada Bieber. Olah vokal dan instrumen mereka oke, lagunya pun sarat makna dibandingin si Bieber ini. Makanya masih agak-agak ga ngeh juga kenapa ini bocah bisa beken dan parahnya digadang-gadanganin mirip sama the beatles. Hadooohhhh..maaf Bieber, menurutku kamu masihhh jauhhhh sama Beatles.

Demikianlah sekilat pandang apa saja yang sudah terjadi di timeline twitter saya hari ini. Bagaimana dengan timeline anda hari ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: