“BERMIMPI”

20 Agu

20 Agustus 2008

Susah
juga ya kalo ngomong ma orang yang suka nulis n daya imajinasinya
tinggi kaya gw (xixixi…gaya banget sih lo, dev!). Gimana engga,
tiap kali orang ngomong ato gw diminta ide, langsung
aja…suiit…suit…pop…pop….(bayangkan kembang api yang lagi
meledak!!), begitu banyak ide yang pop up di kepala dan minta keluar.
Karena idenya mulai meluber kemana-mana, buru-buru deh akhirnya nyari
voice recorder ato temen buat diajak cuap-cuap and nginget-nginget
bareng ide-ide yang bermunculan dari kepala gw (Hehe…sedikit sarap
emang, ga mau susah sendirian=p). Ato cari alat tulis ama kertas n
buru-buru nulis ide-ide pokok yang nantinya bisa dikembangkan lagi.
Kalo itu semua ga dilakuin, bisa BASI idenya sodara-sodara!! Terlalu
lama ngendap di Kepala, ga keluar-keluar. (Ini adalah ucapan paling
“oke” dari salah satu tokoh komik serial cantik dan entrepreneur
Indonesia. Kenapa mereka bisa ngomong hal yang sama ya??
Hmmm..kemungkinan besar pengusaha itu juga baca komik yang sama.
STOP!! STOP!! Tambah ga penting aja lo nulisnya, dev).

Namanya
juga punya daya imajinasi kuat, begitu gw bangun n radio heboh itu
menyalak (ya kalo liat TV kan gw ga bisa kerja, lha wong matanya
dipake buat liat computer), kambuh deh kebiasaan daydreaming gw. Hari
ini gw bermimpi sambil nulis naskah iklan pesenan (Nah lho gimana
caranya?!, -red. Ga usah dibahas kalo itu, perempuan memang bisa
melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan..xixixi). Hari ini gw
pengen punya usaha yang mendukung program pelestarian lingkungan
(Hiks..hiks..tapi modalnya darimana?? Gaji penulis kan ga cukup buat
bikin pabrik).

Usaha
apakah itu, Devi?? Gw pengen punya perusahaan daur ulang,
kawan-kawanku. Yah apa aja pokoknya yang bisa didaur ulang, mau itu
kertas, plastic, kaca, kaleng dan logam (sayang sekali ya manusia ga
bisa didaur ulang, pan seru tuh bisa merubah bentuk manusia
sesuka-suka kita=D). Nah di khayalan gw itu klien-kliennya adalah
kantor-kantor swasta maupun milik negara, ga ketinggalan juga
melayani sampah rumah tangga. Barang-barang daur ulang ini selain
dilempar ke pasaran juga bakal dikreasikan di bengkel ide sehingga
nilai ekonomisnya jadi lebih tinggi. Sampah jadi barang yang
reusable, lapangan kerja pun terbuka. Hmm…Hmm…ada yang mau
merealisasikan ide gw??

Dalam
bayangan gw nih, kalo pegawai gw dah pada bisa bikin barang-barang
daur ulang, mereka kan bisa lepas dari perusahaan and bikin usaha
sendiri. Ihiy..seru banget kan!! Nah profit yang didapat dari
perusahaan daur ulang, bakal jadi modal awal buat usaha gw
selanjutnya, yaitu pembangkit listrik tenaga surya. Daripada ribut
perkara listrik “byar pet”, ato kurangnya pasokan batubara and
minyak bumi, bahkan bahan bakar air, mending cari solusi yang
pasti-pasti aja deh. Indonesia kan negara tropis nih, pasokan panas
mataharinya sepanjang tahun, sodara-sodara. Gimana kalo kita
manfaatkan kelebihan kita itu? Tapi para pelanggan yang mau memakai
sumberdaya ini emang harus daftar jauh-jauh hari. Soalnya perusahaan
gw ga bisa langsung melayani kebutuhan listrik secara besar, kecuali
kalo ada bantuan ato realisasi dana dari pemerintah atopun dari
sumber-sumber lain.

Terus
dari tagihan perbulan mereka ini, akan disisihkan oleh perusahaan
guna membeli tanah atopun ijin pengelolaan hutan (Apapula ini
hubungannya sama hutan??!). Ya ada hubungannya dunk, kan core bisnis
gw adalah pekerjaan yang berbasiskan pelestarian lingkungan,
ceritanya siy. Nah setelah kita punya tanah ato mengantongi ijin
pengelolaan hutan, tanah tersebut bakalan dimanfaatkan untuk
penanaman hutan kembali ato reboisasi alias penghijauan. Setiap orang
juga boleh punya pohon asuh disana lho.

Trendnya
para pengusaha dan orang-orang penting jaman sekarang kan selain
punya anak asuh, juga punya yang namanya pohon asuh. Boleh dunk
nyama-nyamain diri sama para pengusaha dan orang-orang penting itu.
Yah bisa diliat sebagai salah satu program CSRnya perusahaan lah.
Lebih seru lagi kalo perusahaan gw bisa bekerja sama dengan
perusahaan-perusahaan yang punya brand terkenal di dunia n concern
juga dengan masalah lingkungan, The Body Shop gitu misalnya.
Hehehe…ya pokoknya mimpinya segitu dulu dulu sih ampe jam 10 pagi
ini (Emangnya mau disambung lagi??)

Nah
gimana dengan mimpi kalian sendiri, teman-teman?? Senang sekali lho
bisa bermimpi=D. Ayo coba tuliskan mimpi-mimpi kalian. Who knows ada
yang bersedia merealisasikan ide-ide kalian ini! Lagian ga ada
ruginya kan nulis. Yaiya dunk daripada cuma ngendap di kepala n jadi
ide basi?!

Oya
ngomong-ngomong mo tahu juga nih, usaha apa aja sih yang sudah kalian
lakukan dalam rangka melestarikan lingkungan? Ga usah yang gede-gede,
cukup yang simple-simple aja di keseharian kita. Kalo gw siy sejauh
ini baru bisa menggunakan listrik seperlunya aja, keluar dari kamar
mandi lampunya dimatiin, asal jangan matiin lampu toilet di mall aja
sih, bisa digebukin massa soalnya. Selain itu gw juga sebisa mungkin
menghindari penggunaan kantong plastic, jadi kalo belanja ke mall gw
mencoba membiasakan diri membawa tas kain yang bisa dipakai ulang.
Hehe…meskipun kadang-kadang ga juga…soalnya seringkali ke mallnya
dadakan karena diajakin teman-teman untuk sekedar cari ide n
ispirasi=p Lumayan juga kok melototin orang tiap hari, jadi nambah
wawasan tentang karakter orang plus mode terbaru.

So,
what’s ur dream??

Lalalalala…Sambil
nyanyi n bermimpi….(Nulisnya kapan??)

Devi
R.A.

Tinggalkan Balasan

