BAKAT TERSEMBUNYI ANDA

6 Sep

Mengeksplorasi Bakat Secara Mandiri
Oleh: Ubaydillah, AN

Bentuk – bentuk Bakat
Seandainya ada polling yang menanyakan
tentang masalah apa saja yang dihadapi
orang remaja-dewasa, boleh jadi masalah
menemukan bakat termasuk yang populer,
selain masalah stress akibat putus
cinta atau masalah strategi menggaet
calon kekasih.

Menurut hasil renungan Dale Carnegie, yang diresahkan oleh
manusia di dunia ini adalah dua hal.
Pertama, manusia selalu resah tentang
sebutan apakah yang nanti akan saya
sandang sebelum mayat saya dikebumikan.
Apakah saya seorang dokter, pengusaha,
penulis, pegawai, wanita karir, dosen,
guru, presenter, atau apa ya?
Kedua, manusia resah tentang siapakah
pasangan saya nanti? Manusia model
seperti apakah yang akan menjadi ayah
atau ibu dari anak saya? Apakah jodoh
saya nanti orang yang baru saya kenal
ataukah orang yang sudah saya kenal
sebelumnya? Resah di sini punya
pengertian bukan bingung atau sedih,
tetapi resah dalam arti sebuah kondisi
batin yang dihasilkan dari munculnya
tanda tanya yang selalu mendorong kita
untuk menemukan jawabannya.

Nah, kembali pada soal bakat,
sebenarnya apa sih bakat itu? Apakah
saya punya bakat? Makhluk semesterius
apa sih bakat itu? Dimana bakat saya?
Bagaimana cara menemukannya? Kepada
siapa sebetulnya saya harus bertanya
tentang bakat saya? Dan seterusnya.

Sebelum kita membahas pertanyaan-
pertanyaan semacam di atas, saya ingin
mengatakan bahwa bakat menurut
penjelasan teoritisnya memang punya
wilayah bahasan yang cukup luas. Di
dalam literatur ilmiah, ada istilah
talent, ada istilah giftedness, ada
istilah traits, ada istilah
intelligence seperti dalam aœmultiple
intelligence, aptitude, dan seterusnya.
Selain harus berurusan dengan istilah-
istilah yang mungkin tidak dimengerti
bagi kebanyakan orang, pun juga tidak
semua orang boleh memberikan
penilaian tentang bakat seseorang.
Hanya bagi orang-orang yang sudah
bersertifikat di bidang ini yang disahkan memberikan penilaian.

Tetapi, bakat dalam pengertian bahasa
atau dalam pengertian yang umum kita
pahami, adalah kelebihan / keunggulan
alamiah yang melekat pada diri kita dan
menjadi pembeda antara kita dengan
orang lain. Kamus Advance, misalnya,
mengartikan talent dengan natural
power to do something well. Dalam
kamus Marriam-Websters, dikatakan natural endowments of person.

Dalampercakapan sehari-hari kita sering
mengatakan si anu berbakat di nyanyi,
di bisnis, di IT dan seterusnya.
Rupanya, bakat dalam pengertian kedua
ini juga dipakai oleh Thomas Amstrong,
pakar pendidikan dari Harvard
University yang sering berkolaborsi
dengan Howard Gardner dalam membahas
kecerdasan. Dalam tulisannya, Little
Geniuses, yang pernah diterbitkan
majalah Parenting (1989), ia
menjelaskan, bakat manusia bisa muncul
dalam berbagai bentuk. Perhatikan
daftar kemampuan (ability) di bawah ini
lalu deteksi mana yang paling kuat di
dalam diri Anda:

1.Acting Ability (akting /gerakan)
2.Adventuresomeness (kepetualangan)
3.Aesthetic perceptiveness (estitika)
4.Artistic Talent (artistik)
5.Athletic prowess (ke-atlit-an)
6.Common sense (pengetahuan umum)
7.Compassion (peduli orang lain,mudah tersentuh)
8.Courage (keberanian)
9.Creativity (kreativitas)
10.Emotional maturity (kematanganemosi)
11.Excellent memory (kehebatan menyimpan data / menghafal)
12.Imagination (imajinasi)
13.Inquiring mind (keingintahuan)
14.Intuition (intuisi)
15.Inventiveness (daya cipta, penemuan)
16.Knowledge of a given subject (Pengetahuan spesifik)
17.Leadership abilities (kepemimpinan)
18.Literary aptitude (bakat kesastraan)
19.Logical-reasoning ability (kemampuan berlogika)
20.Manual dexterity (ketangkasan manual / ketrampilan tangan)
21.Mathematical ability (kemampuan matematis)
22.Mechanical know-how (penguasaan mekanikal, barang2 mekanik)

Tinggalkan Balasan

