Catatan Perjalanan 10 Mei 2007

22 Mei

Jakarta – Bandung PP

"Banjir Di Bandung?" Untuk beberapa titik, banjir seringkali menyambangi kota Bandung. Namun baru sekali ini selama 7 tahun keberadaan penulis di Bandung, sepanjang jalan Moch. Toha terendam banjir dengan ketinggian rata-rata 20 Cm.

Climate Change? Mungkin…tapi hal ini lebih mencerminkan kepada buruknya sistem drainase di kota Bandung. Selokan-selokan yang terlampau sempit dan tersumbat sudah menjadi pemandangan jamak di kota ini. Toh dengan bangganya Bandung sempat menyandang gelar kota SAMPAH. Bukan hanya air bah yang dapat melanda, namun juga banjir sisa kebutuhan manusia alias SAMPAH.

Ironis sekali keadaan ini, padahal PEMKOT dan PEMDA sering menyuarakan penggunaan dana untuk pengelolaan sampah. Pembelian tungku pembakaran misalnya. Namun seperti yang dapat kita amati sendiri, kebanyakan sampah banyak yang tak terolah, bahkan pada kenyataannya hanya dipindahkan tempat saja, memenuhi pojokan-pojokan jalan.

Apakah Bandung akan menjadi "the next Jakarta Flood"? Jalan Moch. Toha sendiri merupakan salah satu jalan utama yang padat dan berpotensi macet di Bandung, polusinya juga jangan ditanya. Menjadi hal yang cukup mengerikan jika banjir bukan hanya milik Jakarta. Tapi itulah realita. Penggundulan hutan yang terjadi dengan sangat cepat di Indonesia telah membuat fenomena-fenomena bencana kerap muncul di Indonesia.Tinggal menunggu giliran saja mungkin.

Dan yang paling aneh dengan semua itu, masyarakat Indonesia mulai lumrah dengan berbagai wilayah di daerah masing-masing yang mulai digerayangi oleh air dan terendam banjir.

Ah Indonesiaku….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: