Hati-Hati berkata Negatif..!

20 Okt

                            

              Hati-Hati berkata Negatif..!

>Ini bagian dari Neuro Linguistic Programming kali ya, ada yang sudah belajar NLP kah? Di UGM ada pakarnya, silakan kontak ke F. Psikologi UGM, nanti dikasihtahu.

>tentang nasehat di bawah, ketimbang mengatakan : saya belum kaya..(misal),lebih baik mengatakan : saya yakin saya akan kaya…
hal ini "akan" lebih memiliki "kekuatan" mental, ketimbang "belum".

kenapa? karena "akan" menunjukkan adanya proses yang sedang terjadi, sementara "belum", menunjukkan adanya proses defence mechanism.

>benar atau salah, tanyakah ke ahlinya…saya hanya meniru buku yang sempat saya baca.

>kalau secara spiritual, setiap kata adalah DOA. Camkan ini!!!

>ada kisah nyata, seorang ibu yang jengkel kepada anaknya, selalu menggertak anaknya pas sedang nakal dengan mengatakan; .."KAMU KOK NAKAL KAYAK JENDRAL SAJA…..".
>
>bERULANG KALI, berkali-kali, setiap anaknya bandel, selalu digertak
>dengan kata-kata itu: KAMU KOK NAKAL KAYAK JENDRAL SAJA…

>Atas kehendak Allah, si anak tersebut kelak menjadi salah satu Jendral beneran di jajaran militer, mencapai prestasi optimal di dunia ketentaraan.

>Sayangnya, selain ada kata "Jenderal", masih ada sisipan
>kata "nakal", sehingga ada unsur negatif dalam gertakan itu.Mengenai yang "nakal" itu, saya tidak mau cerita, nanti dibilang sebagai fitnah dan gosip.

>yang positif ambillah, yang negatif buanglah.

>Jadi, kalau anak kita bandel, atau menjengkelkan, gertak saja dengan kata ini: KAMU KOK GANTENG KAYAK JENDRAL….atau…KAMU KOK CANTIK KAYAK BIDADADRI…. dll…

>Pointnya adalah: setiap kata adalah DOA…. maka HATI-HATILAH.

>Buat mbunga, thanks telah mengingatkan saya terhadap sejarah lama..
>
>Wassalam
>
>nugroho_dp

————————————————

>> Dalam satu hari, berapa kalikah anda berkata negatif ? Kata-kata yang terlalu sering diucapkan akan dianggap sebagai suatu kebenaran oleh alam bawah sadar anda. Kalimat-2 seperti "Saya tidak kaya, saya tidak pandai, saya tidak mau", dll akan menjadi suatu pembenaran di dalam mental anda.

>> Langkah paling sederhana untuk mencegahnya, adalah dengan berusaha dengan tidak mengatakannya. Tapi apabila memang terpaksa harus mengatakannya, cobalah untuk mengubahnya dari kata NEGATIF menjadi kata POSITIF.

"Saya belum kaya, saya belum pandai, saya belum mau" akan mempunyai efek positif terhadap mental anda. Kata "belum" berarti saat ini belum terjadi, tapi di masa depan bisa terjadi. "Saya belum kaya saat ini, tapi saya akan kaya di masa depan" akan lebih punya arti positif dalam hidup anda, dibandingkan dengan "Saya tidak kaya", yang berarti sepanjang hidup anda tidak akan pernah kaya.

>> Nah, berikut ini ada daftar kata-kata negatif yang mungkin sering anda ucapkan. Coba ganti kata tersebut dengan kata yang positif dalam percakapan anda sehari-hari. Artinya sama, namun mempunyai pengaruh yang berbeda terhadap mental anda. Anda bisa pula menambahkan kata-kata anda sendiri dalam daftar ini.

>> Negatif  Positif
————————————————

>> Tidak – Belum

>> Miskin – Belum Kaya

>> Berbeda – Belum Sama

>> Sakit – Belum Sehat

>> Terlambat – Belum Hadir

>> Bodoh – Belum Pandai

>> Takut – Belum Berani

>> Kalah – Belum Menang

>> Hilang – Belum Ketemu

>> Gagal – Belum Berhasil

>> Masalah – Tantangan

>> Biasa saja – Luar Biasa

>> Marah – Kurang Sabar

>> Biaya – Investasi

>> Mungkin – Pasti

>> Selamat mencoba !

>==========================================
>MILIS MAJELIS MUDA MUSLIM BANDUNG (M3B)
>Milis tempat cerita , curhat atau ngegosip mengenai masalah anak muda dan islam .
>No Seks , No Drugs , No Violence

Tinggalkan Balasan

